Selasa, 29 Desember 2020

Penerangan Lampu Mobil Berkurang? Mungkin Ini Penyebabnya

Posted by Uswatun Hasanah on 06.58 with No comments

Lampu utama pada mobil bekas murah maupun mobil baru tak hanya dijadikan sebagai penghias mobil saja melainkan juga berfungsi sebagai active safety system. Pasalnya, lampu mobil tersebut membantu menjaga keselamatan pengendara ketika mengendarai mobil di lokasi yang minim cahaya ataupun mengendarainya pada saat malam hari. Lampu biasanya bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya.

Terdapat beberapa jenis lampu yang biasanya digunakan sebagai media penerangan pada mobil, seperti bohlam (halogen) yang memiliki sinar cahaya berwarna kuning dengan intensitas sedang namun dapat menerangi jalanan dengan sangat baik. Selain itu, ada juga yang menggunakan lampu LED projector, jenis lampu ini umumnya paling terang dibanding lampu lainnya.

Meskipun demikian, di beberapa kasus, banyak pengendara yang mengeluhkan jika cahaya lampu mobil mereka mulai meredup padahal mobil dalam kondisi baik-baik saja. Lantas, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab lampu mobil bisa meredup? Langsung simak pembahasannya!

1. Soket lampu mobil berkarat
Karatan pada mobil tidak hanya muncul pada komponen mesin mobil saja namun juga pada bagian soket lampu. Soket yang berkarat biasanya dapat mengakibatkan penurunan tegangan yang masuk ke dalam bagian lampu sehingga menyebabkan sinar lampu menjadi berkurang. Untuk itu, cek secara rutin komponen lampu mobil dan lihat apakah ada karatan di bagian tertentu ataupun tidak untuk menghindari supaya lampu mobil tidak meredup.

2. Soket lampu mobil meleleh
Tak hanya karatan, soket lampu yang meleleh juga menjadi penyebab utama meredupnya lampu mobil. Hal ini disebabkan karena lelehan tersebut menghambat aliran listrik ke lampu. Terjadinya lelehan ini akibat dari soket yang kurang masuk ke dalam terminal lampu sehingga mengakibatkan loncatan elektron dari dua konduktor lampu. Loncatan elektron ini malah meninggalkan panas berlebih, yang dapat melelehkan seluruh komponen di sekitar terminal lampu, khususnya yang berbahan dasar plastik.
 
3. Relay lampu mobil rusak
Relay pada lampu mobil berfungsi sebagai jembatan antara baterai dan arus listrik lampu mobil. Pada komponen relay ini terdapat dua rangkaian yaitu rangkaian untuk arus utama yang masuk ke lampu serta rangkaian arus kecil untuk saklar lampu mobil. Jika komponen ini rusak, maka arus listrik yang masuk ke lampu menjadi berkurang karena itulah sinar lampu pada mobil menjadi meredup. 

4. Aki mobil melemah
Semakin lama digunakan, komponen aki mobil tentu mulai melemah dan tegangan yang dihasilkan pun turut melemah. Jika komponen ini tidak segera diganti, tentu saja bisa menyebabkan aliran listrik mobil menjadi terganggu dan yang paling fatal adalah membuat lampu mobil meredup. Bahkan, tak hanya lampu, bagian starter mobil pun menjadi lebih berat dan bunyi klakson mobil tidak keras lagi. Oleh karena itu, jangan sampai tidak mengganti aki mobil. 

Itulah dia beberapa penyebab yang mengakibatkan lampu mobil meredup. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi lampu mobil Anda, ya!
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar